internet marketing

Sutradara Despicable Me, orang Prancis keturunan Indonesia

No comments
Sutradara Despicable Me, orang Prancis keturunan Indonesia

Merdeka.com - Bagi pecinta animasi produksi Hollywood, 'Despicable Me' dipastikan menjadi film wajib tonton. Alur cerita ringan yang penuh dengan humor serta karakter menggemaskan, seperti Margo, Edith dan Agnes, tiga gadis kecil yang diadopsi oleh Dr Gru, hingga makhluk kuning konyol bernama Minions, menjadikannya film dengan pendapatan terbesar ketiga setelah 'Toy Story 3' dan 'Shrek Forever After'.

Di balik kesuksesan film produksi kerjasama pertama Universal Pictures dengan Illumination Entertainment tersebut terdapat sosok keturunan Indonesia. Sang sutradara, Pierre-Louis Padang Coffin merupakan putra dari sastrawan terkemuka tanah air, Nurhayati Srihardini Siti Nukatin, atau yang lebih akrab dipanggil NH Dini.

Pierre lahir dari pasangan Yves Coffin, diplomat Prancis dengan NH Dini. Dari pernikahan keduanya, pasangan ini dikaruniai dua anak, Marie-Claire Lintang Coffin dan Pierre Louis Padang Coffin. Namun pernikahan mereka tidak berlangsung lama ketika pada 1984 keduanya memilih berpisah. Bersama dengan kakaknya, Pierre kemudian memilih tinggal dengan sang ayah di Prancis.

Meski memiliki darah Indonesia, Pierre mengaku tidak mengerti dengan bahasa Indonesia. Dia juga belum pernah membaca karya sang ibu karena belum ada novel NH Dini yang diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis.

"Tapi saya tahu banyak temannya yang sangat mengaguminya, dan karena saya tidak paham kata-kata Indonesia, maka saya sering bertanya kepada teman-teman ibu saya. Tentunya saya sangat bangga, tapi juga malu pada diri sendiri karena ternyata ia banyak menulis tentang kami sebagai keluarga. Saya sebenarnya sangat berkeinginan untuk membaca buku-bukunya," ujar Pierre seperti dikutip VOA Indonesia, Jumat (27/2).

Sebagai bentuk kecintaan terhadap negara sang ibu, pecinta masakan nasi goreng itu menyelipkan kata-kata Indonesia dalam bahasa Minions, karakter dalam 'Despicable Me'. Selain itu, dirinya memasukkan bahasa yang disukainya, seperti bahasa Spanyol, Italia, Inggris, dan Yunani.

"Campuran berbagai bahasa yang saya sukai, seperti Spanyol, Italia, Inggris, Indonesia dan juga Yunani. Sebenarnya yang ditekankan adalah sonority atau resonansi suaranya. Bahasa Minions tidak bisa dimengerti, tapi diketahui dari bagaimana suaranya, proyeksinya, bagaimana membaca kalimatnya, karena semua sudah saya tulis. Yang utama adalah penyampaiannya, bukan arti kata-katanya,"

Pria kelahiran 1 November 1967 memulai karir di industri film animasi saat dirinya mengerjakan proyek Steven Spielberg berjudul 'We're Back! A Dinosaur's Story'. Pierre memulai karir profesional saat dirinya bekerja paruh waktu di French CGI Studio Ex Machina.

Sebelum bekerja sama dengan Universal Studios dalam Despicable Me jilid pertama, Pierre juga pernah berkolaborasi dengan Passion Pictures Paris dan Mac Guff pada tahun 2010 dengan Chris Renaud.

Sumber : merdeka.com

No comments :

Post a Comment