internet marketing

Terbilang Di Crystal Report 8.5

No comments
Beberapa minggu yang lalu ada seorang teman yang mengirim message ke Fb saya dan bertanya tentang cara membuat terbilang di Cristal Report. mungkin tutorial ini jawaban dari teman saya tadi. Dalam hal ini kita tidak perlu menulis kodingan yang ngeribetin(ngariweuhkeun) karna kita akan memenfaatkan file .dll yang tersedia yaitu ”CruflBil.dll” dan ”CruflFor.dll” baca : File-file tersebut saya temukan di Forum BEGO.COMMUNITY INDONESIA yang di posting oleh Mas Awan Kelana kalo gak salah ;-). Teman-teman bisa dapatkan File-file tersebut disini.Trus apa yang harus kita lakukan dengan File-file tersebuat?? ;-).
Ok sebelum saya jelaskan apa yang harus kita lakukan dengan file-file tersebut, saya akan menjelaskan Fungsi dari File-file tersebut : CruflBil.dll --> fungsi untuk Membuat terbilangnya sedangkan CruflFor.dll --> fungsi format angka untuk menghilangkan koma trus hasil format tadi dipakai untuk terbilang.
Pertama-tama kita copy File-file Copy tersebut ke C:\WINDOWS\system32kemudian register di menu Run. Cara registernya ketikkan :
regsvr32 c:\windows\system32\CruflBil.dll
regsvr32 c:\windows\system32\CruflFor.dll
jelasnya seperti gambar di bawah ini :
Cara Penggunaannya di Crystal Report:
Bikin Formula baru kemudian tinggal drag and drop saja. Fungsi yang sudah kita register tadi ada di Menu Function  additional function  Visual Basik UFLs(u2lcom.dll).
Cara Membuat Formulanya, klick kanan Formula Filds yang ada di Fild Explorer kemudian pilih NEW makan akan muncul Jendela Formula Nameuntuk mengisi Nama Formulanya, kemudian klick tombol use editor jelasnya seperti gambar di bawah ini :
KlicktombolUse Editor, akan muncul jendelaFormula Editordisinilah kita akan membuat Formulanya. Contoh Script Formulanya sebagai berikut :AngTerbilangDekbilang (ForTerformatFormNilai ({#RTotal0})) + ” Rupiah” Script tersebut gak perlu kita ketik tinggal drug and drop aja, tapi klo temen-temen lebih suka ngetik silahkan saja ;-). jelasnya seperti gambar berikut :










Jangan Lupa Formula yang sudah dibuat tadi di-insert-kan ke reportnya.



















OK SELAMAT MENCOBA.......

No comments :

Post a Comment