internet marketing

5 Cara Cepat Memahami Pemrograman

No comments

Siapa yang tidak tahu bahasa pemrograman? Bukan sekedar bahasa yang bisa digunakan untuk berkomunikasi antar human, tapi juga antara human dengan mesin. 
Ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang tersebar di seluruh dunia. Pada umumnya, programmer sejati akan berkonsentrasi pada satu atau dua jenis bahasa pemrograman saja, hal ini bertujuan agar mereka bisa tetap fokus dan berkelanjutan mendalami bahasa permrograman tersebut.

Saya juga seorang programmer [amatir] sekaligus mengajarkan bahasa pemrograman (Visual Basic, PHP, Java). Ada banyak sekali keluhan yang disampaikan mahasiswa kepada saya diantaranya adalah :

  • Sulitnya memahami struktur bahasa, karena pada umumnya bahasa pemrograman menggunakan bahasa inggris komputer.
  • Sulitnya memahami logika/jalannya aplikasi.
  • Sulitnya memahami letak kesalahan saat terjadinya debug.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat memahami bahasa pemrograman. Berikut ini saya paparkan 5 diantaranya:

1. Perhatikan dan Pahami Contoh Kode

Membaca seringkali selalu berkaitan dengan kalimat yang tertera pada halaman, tapi berlajar pemrograman adalah soal kode. Ketika kamu pertama kali belajar pemrograman, kamu harus serius melihat dan memahami pada setiap contoh kode. 

Cara ini tidak selalu berhasil, tapi cara ini akan membantu anda untuk lebih bisa memahami contoh dan membantu penulisan kode anda menjadi lebih rapi.

2. Jangan Hanya Membaca Contoh Kode Tersebut, Tapi Coba Jalankan

Ketika kamu membaca buku atau tutorial pemrograman, sejauh yang kamu lihat mengenai contoh kode dan kamu akan berkata "Rasa-rasanya aku bisa, ya, aku bisa". Tentu saja, kamu mungkin bisa melakukannya, tapi kamu juga mungkin tidak bisa melakukannya san kamu tidak menyadarinya. Hanya ada satu cara untuk membuktikannya, "Write It Down and Run!"

3. Tulislah Kode Yang Anda Bisa Sesegera Mungkin

Jika anda telah mampu memahami salah satu bahasa pemrograman -atau masih sedang mendalaminya- mulailah untuk membuat contoh program menggunakan bahasa tersebut. Terkadang hal ini sulit dilakukan karena anda masih belum memiliki ide yang cemerlang, tak masalah, lakukan sebisa anda. 
Bagaimana mungkin anda berfikir bisa membangun sebuah program besar jika anda tidak memulai dari program yang sederhana terlebih dahulu ?

4. Belajar Menggunakan Debuger

Salah satu komponen penting dalam bahasa pemrograman adalah debugger, merupakan kondisi dimana sistem akan memberikan sinyal pada anda mengenai kondisi error yang terdapat dalam running code anda.
Debugger akan dapat membantu anda menjawab dengan cepat mengenai kode yang sedang anda buat.

Biasanya, ini merupakan salah satu masalah yang dihindari oleh mahasiswa, mereka mulai malas hingga putus asa jika tidak kunjung menemukan solusi debug yang ada. 

Kuncinya adalah perbanyaklah latihan dengan memperbanyak macam kesalahan, dengan sendirinya anda akan mengetahui jenis dan solusi dari setiap permasalah yang timbul dalam aplikasi yang anda buat.

5. Carilah Sumber Lebih Banyak Lagi

Jangan pernah berhenti belajar, sebab semakin hari bahasa pemrograman akan terus berkembang, akan terus mengalami kemajuan dan perbaikan. 
Tekhnologi merupakan hal yang paling cepat tumbuh, jika anda berhenti belajar, maka dapat dipastikan bahwa anda akan tertinggal dari yang lain.

Cari sumber belajar lebih banyak lagi, saat ini terdapat banyak sekali web/blog yang menyediakan tutorial dan contoh aplikasi secara gratis yang dapat anda manfaatkan untuk mengolah dan menggali lebih dalam lagi mengenai bahasa pemrograman.


Semoga bermanfaat :)

No comments :

Post a Comment