internet marketing

Jurnal Ilmiah - 2

No comments
ANALYTICAL HIERARCHY PROCCESS (AHP) PADA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK PERENCANAAN PENEMPATAN TOKO MODERN (STUDI KASUS DI KOTA JAMBI)  (ISSN : 1907 - 3985)

Lailyn Puad, M.Kom 1
1)       Jurusan Sistem Informasi, STMIK Nurdin Hamzah Jambi, Jambi 36121

Abstract-Pesatnya tingkat pertumbuhan toko modern di Kota Jambi membawa berbagai macam dampak positif  untuk perekonomian masyarakat Jambi, tetapi juga sekaligus memberikan dampak negatif untuk beberapa pihak atau kalangan industri. Untuk itu dalam pengambilan keputusan perencanaan penetapan lokasi toko modern haruslah lebih di perhatikan lagi. Metode analytical hierarchy process (AHP) merupakan metode yang dapat digunakan dalam proses mengambil keputusan untuk menentukan lokasi penempatan toko modern. Pihak pengambil keputusan akan memberikan kriteria atau aturan-aturan dalam penentuan lokasi serta memberikan nilai bobot untuk masing-masing kriteria. Dari perhitungan AHP berdasarkan bobot kriteria akan diperoleh nilai AHP untuk masing-masing alternatif. Nilai-nilai AHP tersebutlah yang digunakan oleh sistem untuk menentukan lokasi kandidat lokasi yang paling optimal. Dengan diintegrasikannya metode AHP tersebut ke dalam sistem informasi geografis (SIG), maka akan didapatkan sebuah sistem yang dapat memberikan informasi secara detail serta visualisasi ke dalam peta digital Google Maps yang dapat digunakan sebagai referensi untuk para pengambil keputusan terutama dalam pencarian lokasi cabang baru optimal.
Kata kunci        :  Sistem informasi geografis, analytical hierarchy process, lokasi optimal, Google Maps, peta digital

Untuk lebih lengkapnya dapat didownload di sini. Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment